Wednesday, May 30, 2012

Ekonomi Makro

Ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang memengaruhi banyak rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

Pendekatan Analitik

Pembedaan tradisional adalah antara dua pendekatan berbeda ke ekonomi: ekonomi Keynesian, memusatkan pada permintaan; dan ekonomi sisi-penyediaan (atau neo-klasik) yang memusatkan pada persediaan. Keduanya tidak bisa berjalan sendiri, namun ini hanya permasalahan penekanan.

Permasalahan dalam Ekonomi Makro

masalah ekonomi makro yang kurang mendapatkan perhatian lebih, yaitu kemiskinan, dan kesenjangan sosial, serta pengangguran. Memang , baik tidaknya dan lancar tidaknya sebuah kegiatan ekonomi yang berlangsung di suatu negara sangat ditentukan oleh ketiga hal tersebut.

Kemiskinan

Bila ada yang bertanya, mengapa banyak anak yang tidak bisa bersekolah, maka jawabannya adalah karena kemiskinan merenggut hak mereka. Mengapa banyak orang tak mendapatkan kehidupan yang layak, jawabannya juga sama karena kemiskinan telah membuat mereka terpuruk.

kemiskinan adalah pangkal dari segala macam masalah kehidupan. Tak salah bila kemiskinan merupakan salah satu sub bagian dari ekonomi makro, karena kemiskinan memang tak hanya menjadi masalah pribadi namun juga negara. Suatu negara yang sebagian besar rakyatnya miskin, maka negara tersebut tidak layak disebut sebagai negara yang merdeka.

Kesenjangan Sosial


Berbeda dengan masalah kemiskinan, masalah yang juga cukup ekstrem adalah masalah ketidakmerataan. Akibatnya adalah kesenjangan sosial. Di satu sisi ada golongan orang-orang kaya yang memiliki banyak harta, bahkan tingkat kepemilikan terhadap harta tersebut dinilai tidak wajar (tidak logis) karena jumlahnya yang banyak. Maka, jangan heran bila suatu ketika kita menemui sekelompok orang yang bisa menghabiskan uang berjuta-juta hanya untuk makan. Karena kenyataannya memang ada.

Di sisi lain, ada orang yang sama sekali tak punya apa-apa, bahkan hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan hidup saja dia tak punya. Sungguh dua sisi yang berbeda yang sama-sama ekstrem.

Pengangguran

Selain masalah kemiskinan dan kesenjangan sosial, masalah ekonomi makro lainnya yang cukup berat adalah pengangguran. Sebenarnya, antara pengangguran dan kemiskinan, keduanya berhubungan sangat erat. Pengangguran dan kemiskinan memiliki hubungan yang fungsional atau saling mempengaruhi. Pengangguran menyebabkan kemiskinan, sedangkan kemiskinan menyebabkan seseorang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan pada akhirnya bernasib tragis yaitu menjadi pengangguran.

Kurang mendapatkan perhatian

Benarkan kemiskinan dan pengangguran kurang mendapatkan perhatian?
Secara tidak langsung memang iya. Memang, kemiskinan dan pengangguran tak serta merta menjadi tanggung jawab pemerintah sepenuhnya. Bagaimanapun juga, kedua belah pihak baik pemerintah maupun masyarakat harus bekerja sama.


Sumber :

No comments:

Post a Comment